Rabu, 26 September 2012

Pahlawan Tanpa Tanda Jasa Versi Medis

Teman, masih ingat hadist sebelumnya kan? Mengenai sebaik-baik manusia..

Sebetulnya banyak sekali yang bisa kita lakukan untuk orang lain, yang pada akhirnya akan berbuah untuk diri kita sendiri. 
Sekarang saya sedang bertugas di sebuah puskesmas di Kabupaten Kebumen, saya baru menyadari betul peran kader masyarakat esp.kesehatan...yang saat di bangku perkuliahan mungkin hanya selayang pandang dimunculkan di blok IKM (Ilmu Kesehatan Masyarakat)..
Bahwasanya kader kesehatan adalah kepanjangan tangan dari tenaga kesehatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat, karena mereka adalah bagian dari masyarakat..siapa pun bagian masyarakat bisa menjadi kader, dengan kemauan dan kesukarelaan.
Sebagai tenaga kesehatan. sangat terbantu dengan adanya peran kader..Menyadarkan masyarakat akan pernik-pernik kesehatan adalah tidak mudah...terkait perilaku dan kebiasaan..waah..kader memang full power&powerful...
Dan yang lebih membuat saya salut adalah, hampir semua terdiri dari ibu-ibu..yaa..sosok wanita yang sudah sangat disibukkan dengan urusan rumah tangga, tetapi tergerak hatinya untuk berperan di masyarakat..rupanya ibu-ibu ini sudah kenal dengan istilah sebagai khalifah dan rahmatan lil 'alamin nya agama ini..subhanallah...

Ini merupakan salah satu event penyuluhan kader, di mana saya   menyampaikan materi mengenai Pemeriksaan IVA sebagai Deteksi Dini Kanker Serviks, saya merasakan semangat ibu- ibu kader dalam meng-upgrade dirinya untuk disampaikan lagi ke masyarakat sekitar ke depannya. Dalam hal ini, niat mereka menjadi kader sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat/orang lain, berbuah juga kemanfaatan bagi dirinya sendiri akan ilmu yang mereka dapat selama menjadi kader (tapi ini adalah salah satu contoh 'buah'nya lho, masih banyak lagi).

Saya bersyukur diberi kesempatan berada di tengah-tengah mereka....suatu saat... akan ada kerinduan terhadap event tersebut.

Para kader masyarakat..saya kira tidak berlebihan jika saya menyebut mereka pahlawan tanpa tanda jasa, karena jasa mereka tak terbalas seperti apa yang mereka lakukan...saya bandingkan dengan tenaga medis yang sudah lebih pasti akan mendapatkan JM (Jasa Medis)..

Tetap semangat buat para kader kesehatan masyarakat dalam membangun peradaban yang sehat....in your own home...and your community...
Semoga Allah membalas dengan kebaikan yang lebih baik dan lebih banyak atas jasa yang dilakukan untuk masyarakat...Aamiin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar